Pages

Rabu, 17 Juni 2015

Bisnis kepercayaan

Bisnis online adalah bisnis kepercayaan, mengapa saya bilang bisnis kepercayaan? Ya karena pembeli mau mentransfer uangnya kepada kita sebagai penjual online yang bahkan mereka belum kenal siapa kita, bisa saja kan kita tidak mengirim barangnya kepada pembeli tersebut dan mengambil uangnya. Tapi saya yakin pebisnis online milyaran seperti Anda yang membaca tulisan ini tidak melakukan seperti itu.

Pebisnis online milyaran tidak ada yang seperti itu, mereka membangun tingkat kepercayaan terhadap bisnis mereka dari nol, mereka selalu mempertahankan kejujuran itu, karena mereka tahu bahwa tidak ada orang yang tidak jujur akan berhasil atau sukses.
Ingat kisah Rasulullah saw yang sewaktu ia menjadi pedagang, pernah seorang pembeli akan membayar lebih dari harga barang tersebut, tetapi Rasulullah tidak mua dan dia tetap menyuruh pembeli itu membayar sesuai harganya.

Suatu keteladanan yang patut kita contoh dalam berdagang atau berbisnis, dimana aspek kejujuran adalah yang paling utama yang harus dimiliki oleh seorang pebisnis. Karena walau bagaimanapun bisnis yang kuat pasti juga menjunjung kejujuran yang kuat juga. Kalian pernah dengar kisah penipu yang sukses? Pernah tapi tidak bertahan lama. Jadi tetaplah menjunjung aspek kejujuran itu karena itu adalah aset yang paling berharga, kalau kita jujur kita akan mudah dipercaya, kalau mudah dipercaya pelanggan kamu akan semakin banyak dan senang berbelanja di kamu.


Penjual yang jujur akan mudah mendapat kepercayaan dari pembeli, karena si pembeli itu suka dengan penjual itu ia juga akan merekomendasikan teman-temannya untuk berbelanja di penjual tersebut, dan begitu seterusnya akan mengalir informasi tentang penjual yang jujur dari satu orang ke orang yang lainnya, dari satu mulut ke mulut yang lainnya begitu terus, dan penjual yang jujur itu akan menerima berkah kejujurannya yaitu bisnisnya makin laris, omsetnya bertambah, dan profitnya juga gede. Tapi sebaliknya coba bayangkan penjual yang tidak jujur dan membuat pembeli kecewa, apa yang akan terjadi? Ya pembeli itu juga akan menginfokan ke teman-temannya untuk tidak membeli di penjual yang tidak jujur itu sehingga penjual yang tidak jujur itu omsetnya semakin menurun dan bisnisnya bisa tutup dan bangkrut, bahkan bisa meninggalkan sejumlah utang yang lumayan besar, naudzubillah.

Jadi jangan sampai kamu menghalalkan kebohongan hanya untuk beberapa ribu rupiah saja, sungguh sangat murah kejujuranmu di beli!


Jadilah penjual yang jujur, karena hanya yang jujur akan mujur!

Tidak ada komentar :

Posting Komentar