Pages

Rabu, 24 Juni 2015

Cara Mudah Membangun Team Untuk Bisnis Online

Sudah punya tim untuk bisnis online?

Pada masa awal-awal membangun bisnis online memang kita harus mengerjakan semuanya sendiri, karena keterbatasan modal yang kita punya, juga tidak mudah mencari orang yang berkompeten untuk kita pekerjakan.

Namun seiring dengan pertumbuhan bisnis online kita, order sudah banyak apakah kita masih berpikir untuk mengerjakan semuanya sendiri? Bayangkan jika sehari kamu mendapat 1000 orderan, yakin dilakuin semuanya sendiri? Mulai dari bales chat atau sms pelanggan, lalu cek transferan, lalu packing dan pengiriman barang, yakin masih mau kerjain semua itu sendiri? Kan mau jadi pengusaha biar banyak waktu bebasnya, kalau kayak gitu malahan kita jadi tidak punya waktu, bahkan 24 jam sehari itu terasa sangat kurang untuk ngurusi bisnis kita. Nah untuk itu dibutuhkanlah tim untuk membantu pekerjaan kita, bagaimana membangun sebuah tim dalam bisnis online? Oke pada tulisan ini kita akan bahas bagaimana membentuk tim pada bisnis online, yang mily kutip dari grup facebooknya bang Agung Arifin. Cekidot

Untuk membangun tim dalam onlineshop, kita harus tahu dulu apa saja divisi yang dibutuhkan oleh onlineshop:


A.      Divisi customer service dan customer handling
Divisi ini bertanggung jawab dan menjalankan tugas sebagai pelayanan untuk kustomer. Divisi cs ini menghandle beberapa tugas seperti:
1.       Customer Handling: yaitu menjawab segala pertanyaan konsumen tentang produk, cara pembelian atau komplain
2.       Pembelian: untuk onlineshop yang masih single produk dan masih manual cara pembeliannya, biasanya pembelian dilakukan pembeli dengan menghubungi langsung cs dengan chating, telpon, atau sms
3.       Menghandle seluruh komplain dari pelanggan terkait pemakaian produk, pembelian, pengembalian barang, dan ,meneruskannya ke divisi  yang bertanggung jawab untuk komplain tersebut

B.      Divisi marketing dan traffic research
Yaitu divisi yang bertugas untuk beberapa hal terkait dengan marketing dan riset, seperti:
1.       Membuat promosi untuk iklan serta mensetting semua iklan berbayar
2.       SEO
3.       Update konten ke social media
4.       Membuat promo-promo
5.       Riset kompetitor, riset market, riset pelanggan
6.       List building
7.       Web development

C.       Divisi keuangan dan purchasing
yaitu divisi yang bertugas untuk menghandle pemasukan dan pengeluaran, dan pengadaan stock barang, tugas divisi ini adalah:
1.       Order approval dari Cs atau dari sistem untuk diteruskan kepada divisi pengiriman dan gudang
2.       Membuat laporan keuangan
3.       Membeli produk dari distributor
4.       Mengatur bagaimana pemasukan dan pengeluaran dapat dimaksimalkan dan diminimalkan
5.       Mengorder barang ke supplier cepat (dropship) (apabila produk habis dan order belum terhandle)

D.      Divsi gudang dan pengiriman
Yaitu divisi yang bertugas untuk mengirimkan order ke pelanggan. Tugas divisi ini adalah:
1.       Mengatur stock digudang
2.       Mengirimkan barang ke kurir
3.       Mengantarkan barang

E.       Divisi management internal dan development
Yaitu divisi yang bertugas sebagai management dan decision maker (pembuat keputusuan) setiap divisi di atas. Tugas divisi ini adalah:
1.       Mengatur setiap divisi untuk bisa bekerja maksimal sebagai leader di masing-masing divisi
2.       Merencanakan pembangunan bisnis ke depan
3.       Memberikan keputusan-keputusan cepat sesuai dengan kebutuhan onlineshop

Sudah punya gambaran divisi apa saja yang dibutuhkan saat ini?
Bagaimana jika bisnis saya masih baru? Apakah memang dibutuhkan segitu banyak divisi?

Membangun team dari 0
Saya ingat ketika pertama kali terjun ke bisnis online, saya adalah orang yang bekerja untuk semua divisi. Tapi setelah saya jalankan saya mulai membangun team sesuai dengan tahapan order, seperti ini
1.       Untuk order 1-15/hari saya masih bekerja sendiiri dibantu adik saya. Yaitu menghandle pekerjaan divisi a-e
2.       Untuk order 15-25/hari saya membutuhkan satu orang untuk cs dan saya sebagai marketing dan shipping
3.       Untuk order25-50/hari, saya membutuhkan 2 orang cs, 2 orang marketing, dan satu orang shipping
4.       Untuk order50-75/hari, saya membutuhkan 3 orang cs 2 orang marketing 1 orang keuangan, dan 2 orang untuk shipping
5.       Dan seiring dengan perkembanagn onlineshop maka jumlah orang dalah team semakin bertambah sesuai dengan kebutuhan masing-masing divisi

Gampang banget kan memmbangun team dalam onineshop? Asalkan memamng anda tau apa yang harus anda capai dalan bisnis online sehingga kebutuhannya muncul sendiri untuk membangun team yang tangguh.
Yang terpenting adalah jangan pernah jadi SUPERMAN, tapi bangun SUPERTEAM. Karena tugas anda sebagai pebisnis adalah menciptakan bisnis yang besar. Dan pastikan bisnis online anda besar.


Tidak ada komentar :

Posting Komentar