Pages

Sabtu, 20 Juni 2015

Niche

Mungkin ada yang bertanya niche sama atau beda dengan target pasar? Ya hampir-hampir miriplah dengan target pasar.

 Niche market adalah pemilihan segmen pasar yang spesifik, sehingga terfokus pada satu jenis pasar saja. Niche market mencakupi hal-hal sebagai berikut:

1.       Konteks, biasa juga disebut interest (minat). Apa yang mereka cari di internet? Apa yang mereka baca? Mereka melakukan apa di internet? Artikel yang di baca apa saja?
2.       Demografi, berapa usianya? Apa pekerjaanya? Sudah menikah atau belum? Sudah bekerja atau belum? Jika bekerja, apa pekerjaannya? Dan pendidikannya setinggi apa?
3.       Geografi, dimana mereka tinggal? Dimana mereka bekerja?
4.       Waktu, jam berapa mereka biasanya mengakses internet?
5.       Kesamaan, atau bisa disebut hubungan. Produk apa yang mirip sudah di konsumsi oleh target pasar anda?
6.       Perilaku, website atau blog apa yang sering di kunjungi oleh target pasar Anda? Mereka mengakses melaluli pc atau perangkat mobile? Jika melalui perangkat mobile apa mereknya?
7.       Riwayat pembelian, apa saja barang yang pernah dibeli dari anda? Berapa jangkauan harganya?

Anda bisa saja mentarget lebih dari satu metode di atas, sebagai contohnya:
Anda men-target ibu-ibu muda yang baru memiliki satu anak yang usianya sekitar 3-5 tahun (demografi) yang juga bekerja di perusahaan swasta (demografi). Dimana mereka sering mengakses website atau blog yang berisi tentang parenting (kesamaan) untuk kebutuhannya sebagai seorang ibu (konteks) pada saat jam makan siang (waktu) di sebuah kafe di dekat kantornya(geografi). Sepulangnya dari kantor ia terkena macet dari jalan, dan sambil menunggu ia biasa mengakses intagram melalui iphone nya untuk melihat dan berinteraksi dengan teman-temannya (perilaku). Ia juga mengakses twitter dan menfollow orang yang tau betul tentang parenting (perilaku dan konteks). Ia juga sering mengajak anaknya untuk berjalan-jalan ke mol untuk berbelanja kebutuhan anaknya (perilaku).

Apa yang bisa Anda jual kepada niche dengan karakter seperti di atas?
1.       Anda bisa menawarkan jasa konsultasi tentang parenting (karena dia suka mengakses situs, dan menfollow orang yang mengerti parenting)
2.       Buku parenting (karena dia suka mengakses situs, dan menfollow orang yang mengerti parenting)
3.       Alat bantu untuk menggendong bayi (karena dia suka membawa anaknya ke mol)
4.       Anda bisa menjual case iphone (karena dia menggunakan iphone)
5.       Dll.

Jadi seperti itu membuat niche market. Pebisnis online milyaran selalu berkata bahwa niche market itu jauh lebih penting dari pada produknya itu sendiri, jadi tentukan dan buat niche marketmu sekarang agar promosimu tidak meleset dan tepat sasaran!


Tidak ada komentar :

Posting Komentar