Pages

Senin, 11 Juli 2016

Sebelum Mulai Bisnis Online Ketahui dulu 4 Hal Berikut Ini!

Beberapa orang sangat susah untuk menjual suatu produk termasuk saya adalah salah satunya. Saya banyakan gak enaknya kalo mau jualan ke orang, takut di nyinyirin, takut di komen dan takut-takut lainnya. Tapi saya tetap berusaha untuk bisa menjual dan melawan rasa takut saya, karena apapun yang saya lakukan pasti ada konsekuensinya dan yang paling membuat saya yakin adalah menjual itu HALAL kok jadi jangan takut dan malu (kecuali kalo kita menjual barang haram) karena kita kan gak mencuri atau merampok, jadi hajar aja!
Berikut 4 point penting yang harus kita ketahui sebelum bisnis online:

TRAFFIC
Cerita sedikit, saya dari kecil sudah sering melayani pembeli karena nenek saya punya toko kecil-kecilan di rumahnya, untuk itu, saya sebagai cucu yang berbakti :D saya ngebantuin nenek saya jualan. Nah tapi keadaan yang saya temui itu berbeda ketika saya mencoba untuk menjual secara online, dulu sih saya tinggal duduk manis aja di toko dan menunggu pembeli datang, tapi sekarang  butuh perjuangan yang ekstra untuk mendatangkan orang ke toko online saya. Yang lihat aja sedikit banget apa lagi yang beli hampir gak ada haha.
Dari cerita saya yang singkat di atas artinya untuk bisa menjual produk maka harus ada yang melihat produk kita terlebih dahulu, bahasa kerennya “Traffic” tanpa adanya traffic yang datang maka mustahil akan ada yang beli produk kita, mau produk kita sebagus apapun kalo gak ada yang lihat ya mustahil ada yang beli, ibaratnya tuh kayak lamborgini dijual dengan harga 5 juta tetapi dijualnya ditengah hutan. Ada banyak cara untuk mendatangkan traffic, salah satunya adalah dengan fb ads yang paling murah, mudah, dan bayarnya bisa pake transfer bank. InsyaAllah pada artikel lain nanti kita akan ulas lebih jauh tentang FB ads.
TARGET PASAR
Sebelum mendatangkan traffic kita harus tahu traffic yang seperti apa yang cocok untuk produk kita. Maksudnya begini, di internet ada berbagai karakter pengguna internet, dan tidak mungkin kita akan bisa mendatangkan semua pengguna internet ke toko kita, maka solusinya kita harus memilih karakter yang seperti apa yang mau kita datangkan? Orang yang tinggal dimana yang akan kita datangkan? Usia berapa? Pake gadget apa? Suka buka situs apa? Dan lain-lain. Atau istilahnya kita mentarget orang-orang yang memiliki kesamaan yang memiliki potensi untuk membeli produk kita entah itu dari segi demografi (Usia, jenis kelamin dll) , dari geografi (daerah tempat tinggal), dari segi kebiasaan dll.
PRODUK
Banyak yang bertanya kepada saya “mas kalau saya mau bisnis online tapi apa yang saya mau jual?” jawabannya simpel, jual apa aja yang orang mau beli khusunya yang target pasarmu mau beli. Sebagai penjual terkadang kita hanya perlu mendengarkan apa yang konsumen inginkan. Orang memang tidak suka dijuali tetapi anehnya orang-orang suka menghabiskan uang dan belanja.
Saya disini lebih menekankan untuk fokus kepada siapa nya buka kepada apanya. Maksudnya lebih fokus kepada siapa orangnya bukan kepada produknya. Karena percuma produk sebagus apapun jika sasarannya salah makan akan tidak laku juga. Misalkan kita punya produk pelangsing yang bagus banget bisa melangsingkan tubuh hanya dengan sekali minum, tapi kita jualannya kepada orang yang kurus ya jadi gak nyambung! :D
MEMBANGUN KEPERCAYAAN
Sulit rasanya jika kita menjual produk yang bagus tetapi tidak ada yang percaya bahwa produk kita itu bagus atau kita hanya dianggap membual oleh target pasar kita. Untuk itu jaga kredibilitas kita dari sekarang jangan sampai kita berbohong sekalipun jangan sampai kita membual dan memanipulasi orang agar mereka mau membeli produk kita, oke mungkin dengan memanipulasi kita bisa mendapatkan omset yang banyak TAPI itu hanya sekali sedangkan dalam bisnis online pembelian berulang itu yang sangat dibutuhkan dan yang menentukan keberlangsungan bisnis kita. Sekali kita memanipulasi, pasti mulut orang-orang akan kemana mana menyebarkan bahwa mereka telah ditipu dan di manipulasi oleh toko online A misalnya dan tentunya toko online kita akan rusak kredibilitasnya dan akan bangkrut seketika.
Sekian artikel ini semoga bisa bermanfaat bagi semua yang baca, kalo ada masukan atau cerita-cerita silahkan tulis di kolom komen biar kita bisa membaca, dan mengulasnya bersama sama.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar